Strategi Komunikasi yang Jitu Bisa jadi Solusi Ampuh Melawan Covid-19

Strategi Komunikasi yang Jitu Bisa jadi Solusi Ampuh Melawan Covid-19
Sejumlah warga mengenakan masker di Kawasan Sudirman, Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi Emrus Sihombing mengatakan, strategi komunikasi menjadi salah satu solusi efektif melawan Covid-19 di saat belum ditemukannya vaksin yang aman dan ampuh oleh para ilmuwan di seluruh dunia.

"Maka yang paling ampuh 'melawan' Covid-19 hanya tindakan strategi komunikasi yang mampu membangun kesadaran kolektif, sikap sejalan dan perilaku bersama mengadopsi semua protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan disiplin," kata Emrus, Minggu (25/10).

Pengajar magister ilmu komunikasi Universitas Pelita Harapan itu menjelaskan bahwa dengan kesadaran, sikap dan perilaku tersebut, manusia pasti dapat terhindar dari Covid-19.

Sebab, penyebaran virus ini dari manusia ke manusia lain.

"Lagi pula, bukankah virus ini tidak lama bertahan di luar tubuh manusia? Jadi, Covid-19 akan mati dengan sendirinnya di luar tubuh manusia," jelasnya.

Dia menjelaskan dengan strategi komunikasi dialogis, terbuka, kesetaraan dan tetukur, maka dipastikan Covid-19 akan teratasi dengan baik tanpa menimbulkan efek samping dari aspek sosial ekonomi apalagi kesehatan.

Strategi komunikasi yang baik akan membangun kesadaran kolektif untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News