Stroke Serang Usia Muda

Jangan Abaikan Pusing yang Terus-menerus

Stroke Serang Usia Muda
Stroke Serang Usia Muda
BALIKPAPAN-Sebaiknya mulai sekarang buang jauh-jauh pemikiran kalau penyakit stroke hanya menyerang kalangan orang tua atau yang berusia lanjut. Asumsi itu terpatahkan, dengan semakin seringnya ditemui kalangan usia muda yang terserang penyakit gangguan fungsi saraf ini.

Dokter Spesialis Bedah Saraf Siloam Hospitals dr Eveline, Sp.BS mengaku tak jarang menemukan pasien stroke yang masih berusia 20 hingga 30 tahun. Persentase yang bisa dia buat, jika jumlah total penderita stroke ditanganinya dipersentase 100, maka pasien usia muda sebanyak 20 persen. 

"Memang tetap lebih banyak usia tua, ya sekira 80 persen. Tapi yang ingin kami sampaikan, agar publik jangan mengira stroke itu cuma menyerang orang tua, yang usia muda juga bisa kena stroke,"  kata dia, seperti diberitakan Kaltim Post (grup JPNN).

Dia menjelaskan, stroke pada usia muda yang ditanganinya, umumnya karena bawaan lahir.   Kelainan bawaan itu, jelas dia, seperti pembuluh darah besar dengan pembuluh darah balik ada hubungan, padahal normalnya  tidak menyambung. Usia muda yang terserang stroke pun awalnya kurang paham dengan penyakit yang diderita. Bahkan mereka tak sampai berpikir kalau terserang stroke. Baru diketahui ketika pasien sudah  kejang-kejang dan menjalani perawatan di rumah sakit. 

BALIKPAPAN-Sebaiknya mulai sekarang buang jauh-jauh pemikiran kalau penyakit stroke hanya menyerang kalangan orang tua atau yang berusia lanjut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News