Problem Rumah Tangga Pilot Pengaruhi Keselamatan Terbang

Problem Rumah Tangga Pilot Pengaruhi Keselamatan Terbang
Problem Rumah Tangga Pilot Pengaruhi Keselamatan Terbang
JAKARTA - Kondisi psikologis seorang pilot sebelum menerbangkan pesawat sangat berpengaruh pada keselamatan penumpang. Riset International Civil Aviation Organization (ICAO) menyebutkan sebanyak 90 persen faktor resiko kecelakaan terbang tergantung pada kondisi penerbang dan kru pesawat.

   

"Jadi, kalau sebelum terbang ada cekcok dengan istri, ini bahaya juga," ujar Dr Yaddy Supriyadi , ketua ikatan dosen dan instruktur penerbangan dalam seminar Dinas Psikologi TNI AU di Halim, Jakarta, Selasa (24/04).

   

Menurut Yaddy, riset ICAO itu valid. "Angkanya antara 80 sampai 90 persen human factor, lainnya faktor teknis," katanya. Faktor lain itu misalnya, soal kondisi pesawat, cuaca saat kecelakaan terjadi atau ATC (air traffic control ) yang bermasalah. "Riset juga menunjukkan kecelakaan 49 persen lebih sering terjadi saat menjelang pendaratan atau saat mendarat," jelasnya.

     

Kepala Staf TNI AU Marsekal Imam Sufaat yang juga hadir dalam acara itu menambahkan, TNI AU berkomitmen untuk menekan faktor human error dalam kecelakaan pesawat. "Targetnya zero accident atau nol kecelakaan terbang," katanya. 

JAKARTA - Kondisi psikologis seorang pilot sebelum menerbangkan pesawat sangat berpengaruh pada keselamatan penumpang. Riset International Civil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News