Subsidi PSO KA Ekonomi Berlaku, Tarif Gubeng - Senen Naik?

Subsidi PSO KA Ekonomi Berlaku, Tarif Gubeng - Senen Naik?
Kereta api. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemberian subsidi PSO untuk kereta api layanan kelas ekonomi sudah berlaku 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2019, sejak ditandatanganinya kontrak.

Subsidi PSO tersebut berlaku untuk KA Antar Kota (tiga KA Ekonomi Jarak Jauh, sembilan KA Ekonomi Jarak sedang dan dua KA Lebaran).

Kemudian KA Perkotaan (17 KA Ekonomi Jarak Dekat dan 11 KRD ekonomi) serta 956 perjalanan kereta commuter.

Seiring dengan telah berlakunya subsidi tersebut, ada pengalihan lima KA Ekonomi PSO menjadi KA Ekonomi NonPSO.

"Pengalihan tersebut tidak berdampak kepada tarif yang berlaku saat ini. Seperti tarif KA Gaya Baru Malam Selatan lintas Surabaya Gubeng – Pasarsenen tidak ada kenaikan," ujar Humas Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri.

Begitupun untuk empat KA ekonomi lainnya, yaitu : KA Logawa lintas Purwokerto – Jember, KA Brantas lintas Blitar – Pasarsenen, KA Pasundan lintas Surabaya Gubeng – Kiaracondong Bandung, KA dan KA Matarmaja lintas Malang – Pasarsenen.

"Dengan tarif yang tidak mengalami perubahan pemerintah berharap animo masyarakat untuk naik moda transportasi kereta api akan terus meningkat. Pemerintah juga mengimbau kepada KAI untuk tetap menjaga pelayanan dari kereta-kereta kelas ekonomi tersebut sesuai dengan standar pelayanan minimum yang telah ditetapkan oleh pemerintah," tandas Zulfikri.(chi/jpnn)


Seiring dengan telah berlakunya subsidi tersebut, ada pengalihan lima KA Ekonomi PSO menjadi KA Ekonomi NonPSO.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News