Subvarian Omicron BA2 Menyebar di Eropa, Luhut Binsar Meminta Masyarakat Melakukan Ini

Subvarian Omicron BA2 Menyebar di Eropa, Luhut Binsar Meminta Masyarakat Melakukan Ini
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat mewaspadai subvarian Omicron BA2 yang tengah menyebar di Eropa. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa kenaikan kasus Covid-19 kembali terjadi di beberapa negara di kawasan Eropa. 

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali itu mengatakan kenaikan kasus itu terjadi setelah pelonggaran kebijakan protokol kesehatan dan adanya penyebaran subvarian Omicron BA2. 

Luhut Binsar lantas mengingatkan masyarakat Indonesia senantiasa memakai masker untuk mewaspadai subvarian Omicron BA2 yang tengah menyebar di kawasan Eropa tersebut. 

"Atas dasar informasi tersebut, pemerintah ke depan tentunya akan mengambil kebijakan secara lebih berhati-hati. Penerapan protokol kesehatan, terutama pemakaian masker, masih harus terus kita lakukan," katanya dalam konferensi pers daring terkait PPKM yang dipantau di Jakarta, Senin (14/3). 

Luhut mencermati bahwa di dalam negeri, jumlah  orang yang diperiksa mengalami penurunan, seiring dengan tidak diberlakukannya lagi syarat antigen untuk perjalanan.

Untuk itu, guna tetap dapat mengidentifikasi kasus dan menghindari potensi lonjakan kasus dengan cepat, pemerintah meminta kepada seluruh daerah untuk kembali memperkuat kapasitas testing dan tracing. "Ini berdampak kepada positvity rate kita jadi tinggi," tegas Luhut Binsar

Kendati demikian, Luhut memastikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di tanah air berjalan sesuai koridor sehingga kini tren kasus kembali menurun, begitu pula tingkat rawat inap secara nasional.

Dia pun menyebut jumlah kasus konfirmasi kini sudah berada di bawah 10 ribu, sementara jumlah kesembuhan mencapai lebih dari 39 ribu.

Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan masyarakat untuk melakukan hal ini guna mewaspadai subvarian Omicron BA2 yang kini tengah menyebar di Eropa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News