Sudah 2.806 Guru Garis Depan Kantongi NIP CPNS

Sudah 2.806 Guru Garis Depan Kantongi NIP CPNS
Guru mengajar di kelas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang 2.806 Guru Garis Depan (GGD) berstatus calon pegawai negeri sipil (CPNS). Selain itu, BKN juga sudah menetapkan nomor induk pegawai NIP bagi 2.806 guru yang akan bertugas di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) itu.

Mereka akan aktif menyandang status CPNS terhitung mulai 1 Agustus 2017. Penetapan ini tergolong ke dalam proses tahap I dari total kelulusan 6.296 GGD tahun 2016.

Sedangkan sisanya masih ada sebanyak 3.490 CPNS yang masih dalam proses, Mereka akan masuk ke dalam tahap II.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, pemerintah menyiapkan Program GGD untuk menempatkan guru di daerah terpencil, terluar dan terdepan (3T). Program itu untuk membantu daerah yang mengalami kekurangan guru.

Pemrosesan penetapan NIP dan SK CPNS GGD tahun 2016 tahap I ini berlangsung selama enam hari sejak 13 Juli hingga 18 Juli 2017. Mereka akan ditempatkan di 44 kabupaten di tujuh provinsi.

Guru yang ditugaskan sebagai GGD adalah profesional bersertifikat pendidik sebagaimana disyaratkan dalam undang-undang serta telah melalui sejumlah proses penguatan kepribadian dan jiwa nasionalisme pada saat mengajar di daerah 3T. (esy/jpnn)


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News