Sudah Enam Bulan Penularan Corona di Indonesia Terus Naik, Apa yang Bisa Dilakukan?

Sudah Enam Bulan Penularan Corona di Indonesia Terus Naik, Apa yang Bisa Dilakukan?
Angka penularan virus corona di Indonesia belum menunjukkan penurunan sejak kasus pertama dilaporkan pertama kalinya enam bulan lalu. (AP, Tatan Syuflana)

Tepat enam bulan yang lalu kasus pertama COVID-19 pertama kali diumumkan oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, 2 Maret 2020.

Dalam kunjungan kerjanya ke Banda Aceh Selasa kemarin (25/08), Presiden Joko Widodo mengungkapkan angka kesembuhan pasien COVID-19 di Indonesia yang mencapai 70 persen.

Menurutnya jumlah itu lebih tinggi dari angka kesembuhan global di angka 68 persen.

"Sampai saat ini di indonesia positif 155.000, tapi kita patut bersyukur yang sembuh 111.000, sudah 70 persen sembuh," kata Jokowi.

Sudah Enam Bulan Penularan Corona di Indonesia Terus Naik, Apa yang Bisa Dilakukan? Photo: Bulan Juli lalu, Presiden Joko Widodo menargetkan tes PCR sebanyak 30.000 per hari. (Facebook: Presiden Joko Widodo)

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto menjadikan angka itu sebagai tanda kerja baik pemerintah dalam penanganan pandemi, begitu pula dengan yang pernah dikatakan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pramono juga menggunakan acuan angka kesembuhan untuk mengklaim penanganan virus Corona di Indonesia sudah 'berada di jalur yang benar'.

"Kalau kita melihat dari waktu ke waktu, sekarang ini dengan tingkat kesembuhan yang semakin baik dan menggembirakan, maka persoalan ekonomi juga harus ditangani secara baik."

Tepat enam bulan yang lalu kasus COVID-19 pertama di Indonesia diumumkan oleh Presiden Joko Widodo

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News