Sudah Mendekati Prediksi, Periode Puncak Bulan Mei

Sudah Mendekati Prediksi, Periode Puncak Bulan Mei
Ilustrasi rapid test Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Total jumlah pasien positif COVID-19 di Sumatera Barat hingga Minggu 10 Mei 2020 mencapai 299 orang.

Angka itu muncul setelah Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Laboratorium Veteriner Bukittinggi mengkonfirmasi tambahan 13 pasien positif corona.

"Jumlah ini mendekati prediksi akademisi Unand sebelumnya yaitu 350 orang positif terpapar COVID-19 pada periode puncak Mei 2020," kata Juru Bicara COVID-19 Sumbar, Jasman di Padang, Minggu.

Untuk itu ia mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan serta aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tengah diterapkan di provinsi itu supaya jumlah warga terpapar tidak terus bertambah.

Ia menyampaikan data warga yang terkonfirmasi positif Minggu ini, tambahan terbanyak dari Kota Padang yaitu 11 orang serta dua orang warga Kabupaten Limapuluh Kota.

Terkait data dari Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, katanya, ada sedikit kesalahan administrasi.

Sebelumnya ada warga Kabupaten Limapuluh Kota atas nama inisial Idr (28) tahun warga Tanjuang Jati Kecamatan Guguak yang sekarang isolasi di BPSDM Prov Sumbar dan Amn (68) tahun tukang ojek warga Batang Tabik yang sekarang dirawat di RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi, masuk dalam data pasien Kota Payakumbuh.

Namun berdasarkan hasil konfirmasi, klarifikasi dan investigasi Tim Gugus Tugas provinsi, dinyatakan bahwa mereka berdua adalah warga Kabupaten Limapuluh Kota.

Sudah sesuai prediksi akademisi, periode puncak jumlah pasien positif COVID-19 terjadi pada Mei 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News