Sudah Terbit 85 SK Pemenang Pilkada

Sudah Terbit 85 SK Pemenang Pilkada
Sudah Terbit 85 SK Pemenang Pilkada
JAKARTA -- Hingga 12 Agustus 2010, ada 172 daerah yang sudah menggelar pemilukada. Rinciannya, 7 daerah menggelar pemilukada untuk memilih gubernur-wakil gubernur, 138 pemilukada kabupaten, dan 27 pemilukada kota. Dari jumlah itu, 102 diantaranya sudah mengusulkan pengesahan pengangkatan kepala daerah-wakil kepala daerah terpilih kepada pemerintah, dalam hal ini ke mendagri.

Kapuspen Kemendagri Saut Situmorang menjelaskan, 102 itu rinciannya lima usulan SK untuk gubernur-wagub, 79 SK untuk bupati-wabup, dan 18 SK untuk walikota-wawako. Dari yang diusulkan itu, sebanyak 85 sudah diterbitkan Surat Keputusan (SK) pengesahan pengangkatan pemenang pemilukada. Rincianya, empat SK gubernur-wagub, 65 SK untuk bupati-wabup, dan 16 SK untuk wako-wawako. Untuk gubrnur-wagub SK-nya dari presiden, sedang bupati-wabup dan wako-wawako, SK dikeluarkan mendagri.

"Sisanya masih diproses dan yang sudah dilantik sebanyak 53 kepala daerah-wakil kepala daerah," terang Saut Situmorang di kantornya, Kamis (12/8). Untuk gubernur-wagub yang sudah dilantik ada tiga, yakni gubernur-wagub Jambi, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Dengan demikian, untuk 2010 ini masih tersisa pemilukada di 72 daerah. Pasalnya, untuk 2010 ini ada 244 daerah yang menggelar pemilukada. (esy/sam/jpnn)

JAKARTA -- Hingga 12 Agustus 2010, ada 172 daerah yang sudah menggelar pemilukada. Rinciannya, 7 daerah menggelar pemilukada untuk memilih gubernur-wakil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News