Sudin PU Dinilai Abaikan Keinginan Ahok Atasi Banjir

Sudin PU Dinilai Abaikan Keinginan Ahok Atasi Banjir
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Pengawas Aparatur Sipil Negara (Pengawas ASN), Sangga Sinambela menilai keinginan keras Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk meminimalisir banjir diabaikan oleh anak buahnya.

Faktanya menurut Sangga, Suku Dinas Pekerjaan Umum (Sudin PU) DKI Jakarta yang seharusnya mengeksekusi perencanaan pengerukan seluruh aliran sungai, situ dan waduk di wilayah Jakarta yang dibagi ke dalam tiga zona (bagian timur, tengah dan barat) tidak menjadi prioritas oleh Sudin PU.

"Kemungkinan besar perencanaan pengerukan lumpur tahun 2014 itu gagal dilaksanakan karena sudah terkendala dari sisi pendeknya waktu pelaksanaan," kata Sangga kepada wartawan, Rabu (10/12).

Dia menjelaskan, belajar dari pekerjaan pengerukan di 3 zona pada 18 lokasi pengerukan dengan anggaran Rp 114.700.000.000 yang tertuang ke dalam kontrak payung berupa sewa alat-alat berat pengerukan lumpur tahun 2013 yang tidak maksimal diserap lalu dianggarkan kembali di 2014.

"Sampai sekarang kewajiban pembayaran dari Sudin PU Pemda DKI Jakarta kepada 10 kontraktor yang mengeruk itu justru masih belum dilunasi dengan alasan belum jelasnya acuan harga satuan pembayaran pada kontrak payung dengan volume lumpur yang dikeruk dan menunggu hasil pemeriksaan audit rutin Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan DKI Jakarta," kata dia.

Saat BPK menyimpulkan bahwa pembayaran pengerukan itu bisa dilakukan dengan cara memotong di kisaran 20 persen dari nilai kontrak pelaksanaan, itu juga tidak direalisir.

"Itu namanya pembangkangan", ujar Sangga.

Kesalahan itu lanjutnya, satu dari nilai negatif kinerja anak buah Ahok. Sepertinya kata Sanggar, mereka sengaja tidak maksimal menyerap anggaran yang sudah direncanakan dengan matang.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Pengawas Aparatur Sipil Negara (Pengawas ASN), Sangga Sinambela menilai keinginan keras Gubernur DKI Jakarta Basuki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News