Suhartoyo: Hari ini MK Mudah-mudahan Mulai Berbeda

Suhartoyo: Hari ini MK Mudah-mudahan Mulai Berbeda
Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo saat diwawancarai di Padang, Jumat (8/3/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

jpnn.com - PADANG - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI Suhartoyo menyatakan harapannya lembaga penjaga konstitusi tersebut makin baik sejak saat ini.

Dia menyatakan pihaknya akan berupaya mengembalikan kepercayaan publik terhadap MK dalam mengawal konstitusi di tanah air.

"Dengan adanya pengawasan Majelis Kehormatan MK, maka MK akan berupaya mengembalikan kepercayaan publik," kata Ketua MK Suhartoyo di Padang, Jumat (8/3).

Hakim Suhartoyo mengatakan upaya mengembalikan kepercayaan publik tersebut di antaranya dengan pembentukan MKMK secara permanen.

Dengan demikian penguatan kelembagaan tumbuh dengan melibatkan pihak luar untuk mengontrol MK dalam mengawal konstitusi.

Di hadapan civitas academica Universitas Andalas, Sumatera Barat, Suhartoyo juga meminta mahasiswa ikut aktif mengontrol lembaga peradilan itu apabila dalam menjalankan tugas terjadi kekeliruan.

Baca Juga:

"Hari ini MK mudah-mudahan sudah mulai berbeda dengan hari-hari kemarin, ketika ada proses yang menuju kepada penurunan kepercayaan," ucapnya.

Hakim yang memulai karier sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Bandar Lampung pada 1986 tersebut mengatakan dalam perspektif kebangsaan, MK bertugas memberikan perlindungan hak konstitusional kepada setiap warga negara.

Ketua MK Suhartoyo menyatakan harapannya lembaga penjaga konstitusi tersebut mulai berbeda sejak saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News