Suka Makanan Pedas? Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makanan Pedas? Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan
Ilustrasi makanan pedas. Foto: nutraingredients-asia

jpnn.com, JAKARTA - Bagi para pecinta makanan pedas, hidup terasa kurang lengkap jika menyantap lauk-pauk tanpa kehadiran cabai atau sambal sebagai teman makan sampai keringat mengalir deras di dahi.

Berbahagialah Anda yang tidak bisa hidup tanpa sambal. Ternyata, selain berfungsi sebagai penambah rasa dan menggugah selera makan, penelitian menunjukkan bahwa sambal memiliki beragam efek positif tersembunyi bagi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin mengejutkan Anda mengapa makanan pedas baik untuk Anda, seperti dilansir laman MSN.

1. Meningkatkan metabolisme

Makanan pedas seperti cabai pedas mengandung senyawa aktif capsaicin, yang membantu meningkatkan metabolisme sebagai bagian dari diet sehat. Bukan penggemar rempah-rempah yang membakar mulut? Senyawa ini juga bisa ditemukan dalam rempah-rempah yang lebih ringan seperti kunyit dan jintan.

2. Mengurangi peradangan

Peradangan berada di belakang sejumlah penyakit serius dan capsaicin memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa capsaicin mengurangi efek kolesterol LDL (jenis yang buruk) dan kita tahu mengurangi peradangan adalah sesuatu yang memiliki efek positif dalam memerangi masalah jantung dan kanker.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ada beberapa alasan mengejutkan yang perlu diketahui tentang manfaat makanan pedas bagi untuk tubuuh Anda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News