Sukarelawan Ganjar Ajarkan Ibu-Ibu Membuat Makanan Tradisional Khas Buol

Sukarelawan Ganjar Ajarkan Ibu-Ibu Membuat Makanan Tradisional Khas Buol
Srikandi Ganjar mengajarkan ibu-ibu membuat makanan tradisional khas Buol, Sulawesi Tengah. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BUOL - Sukarelawan Srikandi Ganjar berusaha untuk terus memberdayakan masyarakat, khususnya kaum perempuan di Sulawesi Tengah.

Salah satunya dengan mengadakan pelatihan pembuatan makanan ambal buol bareng ibu-ibu yang berada di Desa Bunobogu, Kecamatan Bunobogu, Kabupaten Buol Sulteng.

Dalam kegiatan tersebut, Srikandi Ganjar menggandeng kelompok tani perempuan yang ada di wilayah tersebut.

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulteng, Nanda mengatakan pelatihan itu diadakan untuk meningkatkan kemampuan para ibu-ibu untuk bisa membuat makanan tradisional.

"Kami melatih kemampuan para ibu-ibu di sini cara membuat makanan ambal khas buol yang benar dan memiliki rasa yang enak," kata Nanda dalam siaran persnya, Rabu (6/9).

Ambal adalah makanan khas warga Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah yang banyak digemari. Makanan itu biasa disebut pizza karena memiliki kemiripan.

Menurut Nanda, makanan itu dibuat dengan cara dimasak dengan campuran berbahan ikan segar maupun bahan-bahan lainnya yang membuat cita rasanya makin enak.

"Ambal terbuat dari olahan sagu dan ikan serra dimasak menggunakan tungku. Masyarakat buol sering menyebutnya pizza buol," ujar Nanda.

Sukarelawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan membuat makanan khas tradisional bersama ibu-ibu di Kabupaten Buol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News