Sukmawati Budayawan Hebat tapi kok Menyinggung SARA

Sukmawati Budayawan Hebat tapi kok Menyinggung SARA
Sukmawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers terkait puisi Ibu Indonesia, di Jakarta, Rabu (4/4). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyesalkan puisi Ibu Indonesia yang dikarang dan dibacakan Sukmawati Soekarnoputri.

Dia mengatakan seharusnya Sukmawati sebagai budayawan senior tidak menyinggung masalah suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) dalam puisinya.

“Ya kami juga sangat menyayangkan, beliau kan budayawan senior yang betul-betul hebat tetapi kok sedikit menyinggung masalah SARA,” kata Agus di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/4).

Agus menuturkan puisi Sukmawati itu telah menimbulkan polemik di masyarakat. Menurut dia, puisi itu sangat tidak pas, apalagi sekarang ini sudah memasuki tahun politik.

“Kan ini menjadi hal yang ramai. Menurut kami hal seperti itu tidak harus dilakukan,” kata wakil ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, itu.

Soal apakah Sukma harus minta maaf, Agus mengembalikannya kepada adik Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, itu. “Itu kami kembalikan kepada beliau, karena beliau cukup senior di dalam budayawan. Saya rasa beliau juga paling tahu untuk bagaimana mengatasi ini,” katanya.

Dia menambahkan ketika sudah masuk ke ranah hukum, maka harus ikuti aturan perundang-undangan. Agus menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum. “Karena semuanya harus ditangani oleh yang berkepentingan dan berkewajiban,” tuntasnya. (boy/jpnn)

 


Agus Hermanto mengatakan, sebagai budyawan senior mestinya Sukmawati Soekarnoputri tidak menyinggung SARA.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News