Sukses Cangkok Wajah Total

Tim Dokter Spanyol Munculkan Oscar

Sukses Cangkok Wajah Total
Oscar. Foto: Reuters
BARCELONA- Untuk kali pertama Oscar tampil di hadapan publik Spanyol Senin (26/7) kemarin. Oscar, pria 31 tahun itu, sukses menjalani operasi cangkok wajah total pada Maret. Di Vall d'Hebron Hospital di Barcelona, dia memamerkan kesuksesan operasi tersebut.

Berbeda dengan penampilannya sekitar empat bulan lalu, kini Oscar jauh lebih "tampan." Dia kembali punya hidung, rahang, dan mulut. Sebelum operasi, Oscar tidak punya hidung dan rahang. Tempat mulut hanya ada lubang kosong. Tiga komponen penting di wajah bagian bawah Oscar itu lenyap saat dia tidak sengaja menembak wajahnya sendiri sekitar lima tahun lalu.

"Sekarang dia sangat bahagia. Dia sudah tidak sabar menikmati hal-hal remeh yang sudah lama hilang. Seperti berjalan-jalan tanpa dipandang ngeri orang-orang atau sekadar makan bersama keluarga," papar adik perempuan Oscar yang kemarin didapuk menjadi juru bicara, seperti dikutip Daily Mail. Meski sudah kembali memiliki wajah utuh, Oscar memang belum bisa bicara.

Sebelum menjalani transplantasi wajah total di Vall d"Hebron Hospital, Oscar sempat sembilan kali dioperasi. Tapi, seluruh rangkaian operasi itu gagal. Dia tetap tidak bisa bernapas dengan leluasa, tidak bisa menelan dan juga berbicara. Baru pada 20 Maret lalu dia menjalani operasi ke-10 yang sekaligus diklaim sebagai cangkok wajah total pertama di dunia.

BARCELONA- Untuk kali pertama Oscar tampil di hadapan publik Spanyol Senin (26/7) kemarin. Oscar, pria 31 tahun itu, sukses menjalani operasi cangkok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News