Sukses, Ekspor Perdana Produk Kayu Merbau dari Tanah Papua ke Tiongkok

Sukses, Ekspor Perdana Produk Kayu Merbau dari Tanah Papua ke Tiongkok
Bea Cukai Jayapura bersinergi dengan instansi lainnya memfasilitasi PT Cenderawasih Kayu Indah melakukan ekspor perdana produk olahan kayu Merbau dari Tanah Papua ke Tiongkok. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAYAPURA - Bea Cukai Jayapura berhasil memfasilitasi ekspor perdana komoditi kayu olahan jenis Merbau ke Tiongkok yang dilakukan PT Cenderawasih Kayu Indah.

Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura Edy Susanto menyampaikan keberhasilan ini tidak terlepas dari kolaborasi yang dilakukan instansi yang dipimpinnya dengan Kanwil Bea Cukai Khusus Papua bersama Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan Disperindag Provinsi Papua.

"Jumlah komoditi ekspornya sebanyak 140 meter kubik,” sebut Edy Susanto.

Dia menyampaikan sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi, Bea Cukai secara kontinu memberikan asistensi kepada pelaku usaha untuk memasarkan produknya ke pasar ekspor.

Edy juga menjelaskan kayu Merbau merupakan salah satu jenis kayu yang keras, serta awet dan tahan lama, sehingga menjadikannya primadona bagi pembuatan berbagai macam furnitur.

Dia menambahkan keberhasilan ekspor perdana ini merupakan komitmen Bea Cukai untuk terus bersinergi dengan instansi terkait lainnya dalam mendorong pemulihan ekonomi di berbagai daerah.

“Pada ekspor perdana ini PT Cenderawasih Kayu Indah memasarkan komoditi unggulan dari Papua, dan kami berharap ke depannya banyak pelaku usaha yang akan memasarkan komoditi unggulan lainnya dari Tanah Papua," ujar Edy Susanto. (mrk/jpnn)

Bea Cukai Jayapura terus mendorong pelaku usaha memasarkan produk unggulannya dari Tanah Papua ke pasar dunia.