Sulap Pembuangan Sampah Jadi Wisata Alam, BUMDes Sekapuk Raih Miliaran Rupiah

Sulap Pembuangan Sampah Jadi Wisata Alam, BUMDes Sekapuk Raih Miliaran Rupiah
Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar saat meninjau Desa Wisata Setigi milik Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jumat (15/10/2021). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, GRESIK - Kreativitas dan inovasi menjadi kunci penting dalam percepatan pembangunan desa. Seperti kreativitas dan inovasi warga Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang mampu menyulap tempat pembuangan sampah menjadi destinasi wisata nan menarik.

“Saya salut atas kreativitas dan inovasi dari perangkat dan warga desa Sekapuk yang mampu melihat peluang dan potensi wilayah mereka sehingga bekas galian tambang dan sempat menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) bisa berubah menjadi destinasi wisata yang bisa menjadi sumber pendapatan desa,” ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat Desa Wisata Setigi milik Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jumat (15/10/2021).

Dia menjelaskan desa-desa di Indonesia mempunyai potensi luar biasa dalam mengembangkan pariwisata berbasis alam. Selama ini potensi-potensi tersebut belum diolah menjadi sebuah kekuatan karena minimnya kreativitas dan inovasi.

Dia terus mendorong desa-desa di Indonesia berlomba mengali potensi wisata berbasis alam agar bisa menjadi sumber pendapatan asli desa.

“Inilah yang selalu saya katakan, kalau mau membuat desa wisata buatlah desa wisata alam karena tidak dibatasi umur, ini sampai anak cucu kita masih seneng karena alami,” kata Menteri Halim.

Menurut Menteri Halim, Setigi merupakan desa wisata yang patut dicontoh oleh desa-desa lainnya di Indonesia, karena Setigi memanfaatkan keindahan alam dan menjaga kearifan lokal setempat.

Selain itu dengan manajamen pengelolaan yang bagus dari perangkat desanya, desa wisata tersebut mampu memberikan sumber pemasukan bagi kas desa.

“Saya mengajak semua warga desa, sahabat desa untuk datang kesini, baik itu aparat desa pengurus BUMDes, pengelola desa wisata, di samping berwisata silahkan belajar dari pengalaman Pak Kades Sekapuk dalam melakukan inovasi," imbuhnya.

Desa di Indonesia mempunyai potensi luar biasa dalam mengembangkan pariwisata berbasis alam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News