Desa Wisata Sumberbulu Buat Inovasi Paket Wisata Baru

Desa Wisata Sumberbulu Buat Inovasi Paket Wisata Baru
Gubernur Ganjar Pranowo dan Menteri Sandiaga Uno. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, KARANGANYAR - Desa Wisata Sumberbulu yang terletak di Desa Pendem Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf RI.

Selain menawarkan paket wisata, pemberdayaan masyarakat dan keaeifan lokal menjadi keunggulan di sini.

Manager Desa Wisata Sumberbulu, Titin Riyadiningsih mengatakan Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar baik itu dari kalangan karang taruna, petani dan pelaku UMKM.

"Di sini, kan, tidak punya potensi wisata alamnya, hanya ada pertanian dan sendang (mata air). Jadi, konsep yang kami bawa adalah pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Melalui peran masyarakat sejak dirintis 2017 lalu, Desa Wisata Sumberbulu mulai pendataan, pemetaan, dan pengembangan. Hingga saat ini sudah ada tiga paket wisata yang disajikan.

Sumberbulu experience yang mana di dalamnya ada wisata edukasi baik itu pertanian organik, biogas, kerajinan, cooking class dan pembuatan jamu tradisional. 

Kemudian ada paket Sumberbulu adventure etnic yang berisi kesenian seperti lesung, reog dan tari. Serta ada paket Sumberbulu adventure journey dan outbound serta training. 

"Kalau di tempat kita tidak ada objek wisata. Objek kita adalah masyarakat. Kearifan lokal, kegotong-royongan, keramahtamahan masyarakat dan ilmu pengetahuan yang ditawarkan ke khalayak luar," jelasnya.  

Selain menawarkan paket pariwisata, pemberdayaan masyarakat dan keaeifan lokal menjadi keunggulan di Desa Wisata Sumberbulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News