Sultan DPD Memuji Reaksi Anies Baswedan Ketika Divonis Bersalah

Sultan DPD Memuji Reaksi Anies Baswedan Ketika Divonis Bersalah
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD RI) Sultan B Najamudin. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Sultan B Najamudin mengapresiasi keputusan pemerintah DKI Jakarta yang legawa menerima keputusan majelis hakim pengadilan negeri Jakarta yang memvonis pemerintahan Presiden Jokowi dan pemerintah DKI Jakarta terkait masalah polusi udara ibu kota.

“Di tengah realitas krisis perubahan iklim yang kian tak terkendali, kita mengharapkan komitmen yang tinggi dari pemerintah untuk menerima setiap keluhan dan kritik warga bangsa pada isu lingkungan hidup seperti yang ditunjukkan oleh Gubernur Anies Baswedan,” kata Sultan B Najamudin dalam siaran pers pada Minggu (3/10/2021).

Menurut Sultan, saat ini pemerintah baik pusat maupun daerah masih terkesan abai terhadap kualitas lingkungan hidup. Sementara ancaman pemanasan global terus mengancam dan secara pasti merenggut hak hidup masyarakat secara masif.

“Kita tahu, kekeringan terjadi di banyak wilayah dan di saat yang sama bencana banjir justru melanda beberapa daerah. Anomali iklim yang demikian kontras dan ekstrem ini harus menjadi atensi serius kita bersama, terutama bagi pemerintah daerah,” ujar Sultan, salah seorang pimpinan lembaga tinggi negara yang dikenal sangat konsen dengan isu lingkungan hidup ini.

Menurut Sultan, partisipasi dan keterlibatan pemerintah daerah dalam proses pemulihan lingkungan hidup akan signifikan mengendalikan laju pemanasan global dan perubahan iklim. Semuanya bisa dimulai dengan political will melalui Kebijakan pemerintah daerah yang responsif dan transformatif pada isu lingkungan hidup.

“Kita masih memiliki peluang untuk memastikan masa depan bumi Indonesia tetap lestari dan nyaman bagi kehidupan. Dan, pilihan itu ada pada para pembuat kebijakan dan pengguna anggaran. Pemerintah jangan justru menjadi perintang bagi agenda pengendalian perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

“Saya rasa apa yang dilakukan oleh Pak Anies penting untuk dijadikan rujukan bagi seluruh kepala daerah se-Indonesia. Beliau mengakui kesalahan dan menindaklanjutinya dengan pendekatan kebijakan yang menurut kami sangat restorative,” ujar Sultan.

Sultan mengatakan bersama sahabat di DPD RI sedang merampungkan diskusi intensif untuk menyiapkan RUU Perubahan iklim.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin memuji reaksi Anies Baswedan ketika majelis hakim pengadilan negeri Jakarta memvonis pemerintahan Presiden Jokowi dan pemerintah DKI Jakarta terkait masalah polusi udara ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News