Sultan DPD Minta Pemerintah Kembali Berikan Subsidi Pupuk Secara Lengkap ke Petani

Sultan DPD Minta Pemerintah Kembali Berikan Subsidi Pupuk Secara Lengkap ke Petani
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin meminta pemerintah kembali memberikan subsidi pupuk secara lengkap ke petani. Foto: Dokumentasi Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin meminta pemerintah untuk kembali memberikan subsidi pupuk secara lengkap kepada petani.

Menurut Sultan, hal itu sebagai upaya penyediaan pupuk bersubsidi secara tepat waktu bagi petani.

Harapannya adalah untuk mengurangi beban biaya produksi petani dan meningkatkan produktivitas atau nilai tukar petani (NTP) di tengah ancaman krisis pangan nasional.

"Petani kita rata-rata adalah petani kecil yang masih membutuhkan insentif fiskal yang cukup," kata Sultan melalui keterangan resminya pada Kamis (16/2).

Menurutnya, peningkatan subsidi di sektor pertanian menjadi urgen ketika pasokan pangan pokok, seperti beras masih bermasalah dan mengandalkan impor yang terjadi sekarang ini.

"Saya kira pilihan kebijakan importasi pangan memiliki dampak yang luar biasa terhadap produktivitas dan pendapatan petani kita," ujarnya.

Karena itu, lanjut Sultan, persoalan klasik pertanian seperti ketimpangan agraria atau ketersediaan lahan, penggunaan bibit unggul dan keterjangkauan harga pupuk perlu dilakukan penyelesaian secara mendasar.

"Tiga hal ini yang menjadi penentu utama produktivitas petani di daerah selama ini," tegas mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu.

Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin meminta pemerintah kembali memberikan subsidi pupuk secara lengkap ke petani, ini alasannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News