Sultan Ghozali

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Sultan Ghozali
Dhimam Abror Djuraid. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Namanya Sultan Gustav Al Ghozali, sesuai dengan KTP. Dia dipanggil Sultan Ghozali, atau lebih ngetop dengan sebutan Ghozali Everyday.

Dialah sultan yang sebenar-benarnya. Di usianya yang masih 23 tahun dan berstatus mahasiswa, Sultan Ghozali adalah sultan dengan kekayaan triliunan rupiah.

Jangan bayangkan wajah Sultan Ghozali secakep Sultan Raffi Ahmad atau Sultan Atta Halilintar. Dia seorang anak muda dari Semarang dengan tampang standar yang sederhana dan nyaris lugu.

Namun, meski tampangnya kalah kinclong dari Raffi dan Atta, tetapi nilai jual wajah Sultan Ghozali jauh lebih mahal dari dua superselebgram Raffi dan Atta.

Deretan foto yang memajang wajah-wajah lugu Ghozali menjadi aset yang laku jual sampai tiga triliun rupiah. Satu foto selfie wajah Ghozali ada yang bernilai ratusan miliar. Dalam waktu relatif singkat Ghozali bisa menyalip kekayaan Raffi dan Atta.

Ghozali mendapat berkah durian runtuh dari dunia digital yang memunculkan platform digital baru yang disebut ‘’Non-Tangible Token’’ atau NFT, yang merupakan konsep investasi turunan kripto.

Ghozali mengoleksi foto-foto selfie dengan nama Ghozali Everyday, dan kemudian memasarkannya di Open Sea, marketplace terbesar NFT.

Dan, ajaib. Foto-foto selfie Ghozali Everyday ini menjadi karya ikonik di NFT, dan satu foto bisa laku puluhan juta rupiah. Mendadak sontak Ghozali menjadi sultan baru berkat koleksi foto-foto selfie itu.

Janda bolong, batu akik, ikan arwana dan foto-foto selfie Sultan Ghozali adalah bagian dari NFT,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News