Sultan Masih Ragukan Pinangan PDIP

Sultan Masih Ragukan Pinangan PDIP
Sultan Masih Ragukan Pinangan PDIP
SOLO - Calon Presiden Sri Sultan Hamengkubuwono X nampaknya masi meragukan keseriusan pinangan PDIP sebagai calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri. Meski belum menyatakan menerima atau menolak, Hamengkubuwono mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada Rakernas ke 4 PDIP. ''Ya, sepenuhnya masih harus diputuskan di Rakernas. Jadi, saya serahkan semuanya kepada Rakernas, apakah betul PDIP menghendaki saya menjadi wakilnya Ibu Mega,'' kata Hamengkubuwono X di Solo, Selasa (23/1).

Sejauh ini, Hamengkubuwono mengaku belum mengetahui seberapa besar dukungan yang akan diberikan warga partai berlambang moncong putih terhadap wacana yang telah dikembangkan pasangan capres Megawati - Hamengkubuwono. Sultan juga belum menyatakan kepastian, menerima atau menolaknya. Sultan HB X hingga saat ini belum menyatakan apakah bersedia atau diduetkan degan Megawati sebagai calon wakil presiden, sehingga ia menolak untuk memberikan spekulasi.

Dilain kesempatan, calon presiden PDIP Megawati Soekarnoputri menegaskan bisa saja dalam Rakernas IV kali ini, akan merekomendasikan beberapa nama sebagai calon wakil presiden. Namun, semua itu sangat tergantung dari sikap DPC dan DPD yang saat ini menggelar rapat di Solo. ''Pencalonan saya sebagai Calon Presiden dari PDIP bukan karena kemauan pribadi, tetapi karena keputusan dari Rakornas I. Karena itu, saya meminta untuk Cawapresnya juga harus dibahas di forum yang sejenis,'' ujarnya. Sejauh ini dalam internal PDIP telah beredar banyak nama yang dianggap layak menjadi cawapres untuk mendampingi Mega, diantaranya, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Letjen TNI Pur Prabowo, Letjen TNI Pour Sutiyoso, Hidayat Nur Wahid, dan Akbar Tandjung.

Putri Megawati, yang juga menjadi ketua pelaksana Rakernas SOlo, Puan Maharani  mengatakan, PDIP memberikan kesempatan yang selebar-lebarnya kepada seluruh utusan daerah dari setiap propinsi untuk memberikan nama-nama yang menurut wilayah atau daerah itu memang populer atau memang sesuai dengan kriteria yang PDIP ajukan ke daerah.

SOLO - Calon Presiden Sri Sultan Hamengkubuwono X nampaknya masi meragukan keseriusan pinangan PDIP sebagai calon wakil presiden mendampingi Megawati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News