Sumatera Thawalib, Sekolah Modern Islam Pertama di Indonesia

Sumatera Thawalib, Sekolah Modern Islam Pertama di Indonesia
Bangunan Sumatera Thawalib Padang Panjang yang lama masih kokoh berdiri. Kini, sekolah moder Islam pertama itu berganti nama jadi Perguruan Thawalib. Foto: Istimewa.

jpnn.com - MERUJUK data Kementrian Agama (2012-2013), total jumlah madrasah di Indonesia, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA) setingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Madrasah Aliyah (MA) setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 73.786 sekolah. 

Di negeri yang hari ini bernama Indonesia, madrasah atau sekolah Islam dirintis oleh Inyiak Rasul, ayah Buya Hamka di Padang Panjang, Sumatera Barat. Begini kisahnya...

-------

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

-------

Pada 1901, sepulang menimba ilmu dari Syekh Achmad Khatib Al-Minangkabawi--imam besar Masjidil Haram di Mekkah, Haji Rasul alias Inyiak Rasul alias Syekh Abdul Karim Amrullah mengamalkan ilmunya di surau Jembatan Besi, Padang Panjang. 

Karena "ber-alam luas ber-padang lebar", ia "dinaikkan seranting, dimajukan selangkah". Haji Rasul ditunjuk memimpin pengajian di surau Jembatan Besi.

Sebelum kedatangan Haji Rasul, ulama-ulama yang pernah mengasuh pengajian di sini antara lain, Syeikh Abdullah, Syeikh Daud Rasjidi, Syekh Abdul Latif Rasjidi. 

MERUJUK data Kementrian Agama (2012-2013), total jumlah madrasah di Indonesia, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA) setingkat Taman Kanak-kanak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News