Sumbar Penghasil Sulam Terbaik di Indonesia

Sumbar Penghasil Sulam Terbaik di Indonesia
Sumbar Penghasil Sulam Terbaik di Indonesia
JAKARTA – Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Vita Gamawan Fauzi, menyatakan, kerajinan sulam sudah menjadi budaya sehari-hari masyarakat di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat. Menurutnya, potensi sulam di Indonesia mayoritas berasal dari Sumbar.

           

“Sulaman termasuk sulam mesin sudah menjadi budaya sehari-hari masyarakat Sumbar. Setidaknya dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, sepuluh di antaranya penghasil sulam. Tidak semua kabupaten/kota di Sumbar ada sulam, tapi ada juga yang hanya ada tenun, songket, maupun batik,” kata Vita di sela-sela jumpa pers tentang rencana pagelaran International Embroidery Festival 2012 di Jakarta, Kamis (27/9),

Vita menjelaskan, kerajinan sulam sudah menjadi tradisi turun temurun  bagi sebagian besar masyarakat Sumbar. Kebanyakan mereka belajar secara otodidak. Sebab, di rumah masing-masing sudah punya alat, baik yang kecil maupun besar.

          

Bahkan istri Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi itu menyebutkan, sejak anak-anak, masyarakat di Sumbar sudah belajar menyulam secara tidak langsung dari kakak atau ibu mereka di rumah. “Pulang sekolah, mereka melihat kakak atau ibu menyulam, lalu mereka langsung mencoba juga,” kata Ketua Umum Tim Penggerak PKK yang berasal dari Sumbar itu.

           

JAKARTA – Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Vita Gamawan Fauzi, menyatakan, kerajinan sulam sudah menjadi budaya sehari-hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News