Sumbawa Barat akan Wajibkan Newmont Bayar Rp1,2 M Sehari

Sumbawa Barat akan Wajibkan Newmont Bayar Rp1,2 M Sehari
Sumbawa Barat akan Wajibkan Newmont Bayar Rp1,2 M Sehari
TALIWANG- Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berambisi besar untuk menarik dana dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) untuk pendapatan asli daerah (PAD) tersebut. Betapa tidak, setelah gagal menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2010 tentang komisi pertambangan kepada PT Newmont Nusa Tenggara, kini Pemda KSB akan kembali menerbitkan perda serupa.

Perda yang saat ini tengah digodok bersama lembaga DPRD KSB itu adalah perda tentang sewa perairan. Dalam perda itu diatur mengenai besaran retribusi yang akan dibayar Newmont untuk pembuangan limbah (tailing) di Teluk Senunu, Kecamatan Sekongkang.

Jika disahkan, PT Newmont diwajibkan membayar Rp 10 per satu kilogram tailing yang dibuang ke Teluk Senunu. Setiap hari Newmont membuang 120 ton limbah ke teluk tersebut. Maka, jika kalkulasi, besaran sewa perairan yang harus dibayar Newmont sekitar Rp1,2 miliar perhari.

"Kita sedang mengupayakan disahkannya perda tentang sewa perairan. Satu kilo tailing kita tarik Rp 10, nilai yang ditarik itu tentunya tidaklah besar," kata Bupati KSB, Zulkifli Muhadli.

TALIWANG- Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berambisi besar untuk menarik dana dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) untuk pendapatan asli daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News