Sumedang Punya Command Center, Begini Kata Kemendes PDTT

Sumedang Punya Command Center, Begini Kata Kemendes PDTT
Jajaran Kemendes PDTT mengunjungi Command Center Sumedang. Foto: Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Kepala Badan Pengembangan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Ka BPI) Kemendes PDTT Suprapedi mengunjungi Command Center Sumedang yang terletak di Lantai 3 Sekretariat Daerah, Jumat (4/6).

Kunjungan tersebut untuk melihat lebih dekat transformasi digital melalui Command Center dan me-review transformasi digital di Kabupaten Sumedang serta pengembangan aplikasi e-SAKIP Desa.

Suprapedi menyampaikan bahwa dilihat secara fisik, Command Center di Kabupaten Sumedang dinilai sudah sangat excellent dari tampilan layar, suara maupun tata letaknya.

Lebih daripada itu, kata Suprapedi, konten-konten yang disajikan khususnya ketersediaan data di Command Center Sumedang sudah sangat komprehensif dan terintegrasi.

“Dengan satu data, Kabupaten Sumedang bisa melakukan apa pun, baik dalam perencanaan maupun mengambil keputusan. Semuanya dengan smart decision,” ungkapnya.

Dikatakan, sistem yang dikembangkan dan digunakan di Command Center Sumedang masuk dalam kategori DSS (Decision Support System) yang bisa membantu dan mendukung dalam pengambilan keputusan.

Kaitan hal itu, pihaknya akan mendorong sistem yang ada agar bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi kabupaten/kota maupun provinsi lain untuk ditingkatkan di level nasional.

“Saya kira ini sangat bagus sekali dan hal semacam ini harus diviralkan. Hal seperti ini bisa menjadi tempat wisata untuk belajar. Kami pernah membuat suatu desa digital, itu bisa mendatangkan pendapatan bagi desa. Ini juga bisa seperti itu,” ujarnya.

Sistem yang dikembangkan dan digunakan di Command Center Sumedang masuk dalam kategori Decision Support System yang bisa membantu dan mendukung dalam pengambilan keputusan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News