Sungai Ciliwung Tercemar Limbah Berbahaya-Beracun, Pemkot Bogor Kecolongan

Sungai Ciliwung Tercemar Limbah Berbahaya-Beracun, Pemkot Bogor Kecolongan
Sungai Ciliwung. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, BOGOR - Warga Bogor harus berhati-hati jika bermain di sepanjang aliran Sungai Ciliwung. Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) berupa kantong dan selang infus ditemukan berserakan di aliran Ciliwung, tepatnya di Kelurahan Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat.

Salah seorang Relawan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Suparno Jumar mengatakan, bukan kali pertama pemandangan itu ada di aliran Ciliwung.

“Ini kasus yang ditemukan paling hulu. Sebelumnya pernah ditemukan di sekitar Pulo Geulis, Kebun Raya Bogor, Sempur dan Lebak Kantin. Semua ditemukan dalam aliran sungai,” kata Suparno.

BACA JUGA: Limbah Socfindo Positif Cemari Air Sungai Cinendang

Sering kali dia melaporkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui media sosial. Namun tak pernah ada respons. Padahal, temuan itu akan berdampak besar bagi kesehatan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai.

“Bisa saja kalau kantong itu berasal dari pasien penyakit menular ketika pecah dan terbawa aliran air akan menyebar ke mana-mana,” tegasnya.

Sementara, Ketua Komunitas Pecinta Ciliwung (KPC) Een Irawan Putra mengatakan, pemandangan limbah B3 di aliran sungai Ciliwung bukan hal yang aneh.

Sejak ia berkecimpung untuk menjaga kebersihan sungai yang mengalir ke Ibu Kota Republik Indonesia itu, sudah sering menemukan.

Sampah B3 berupa kantong dan selang infus berserakan di aliran Ciliwung, tepatnya di Kelurahan Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News