Sungai Jakarta Menyempit Diuruk Warga

Sungai Jakarta Menyempit Diuruk Warga
Tampak Prajurit Koarmabar memberishkan aliran sungai anak kali Ciliwung, Jakarta Pusat, Jumat (2/1). Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah sungai atau kali di Jakarta mengalami penyempitan. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari tertimbun lumpur, sampah, hingga diuruk oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Persoalan tersebut salah satunya diungkapkan anggota Badan Anggaran (banggar) DPRD DKI Jakarta Syarifuddin yang mengatakan, Kali Bangleo di Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara, mengalami penyempitan akibat diuruk warga. Dia menyebut, lebar Kali Bangleo yang semula 6 meter, kini tinggal tersisa 1 meter.

"Kali Bangleo yang ada di Kali Baru itu sudah tiga tahun berturut-turut karena lebarnya 6 meter, sekarang jadi 1 meter, diuruk warga," ujar Syarifuddin, saat rapat pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (14/9).

Akibat penyempitan lebar Kali Bangleo, lanjut Syarifuddin, tiga RW di Kali Baru jadi wilayah langganan banjir. Syarifuddin meminta Kali Bangleo dinormalisasi. "Perlu normalisasi itu Kali Bangleo. Jadi, tiga tahun ada tiga RW yang kebanjiran. Tolong jadi perhatian," kata Syarifuddin.

Wakil Ketua Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan kemudian menanyakan apakah anggaran Rp 44.163.440.937 atau Rp 44 miliar untuk pemeliharaan saluran/kali dan kelengkapannya di sistem aliran timur bisa untuk membereskan Kali Bangleo juga.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Rodia Renaningrum menjawab bisa. Namun, dia menyebut perlu berkoordinasi dengan perangkat wilayah mengingat Kali Bangleo diokupasi warga.

"Ketika kali sudah diokupasi oleh warga, barangkali nanti kita perlu kerja sama dengan perangkat wilayah. Kami akan masuk ketika posisi di masing-masing kali yang awalnya 6 meter menjadi 1 meter sudah clear dari warga, kami pasti masuk," ucap Rodia.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik mempertanyakan kemampuan Dinas SDA DKI menyerap anggaran di sisa tahun 2018. Salah satunya anggaran untuk waduk sebesar Rp 59 miliar.

Sejumlah sungai atau kali di Jakarta mengalami penyempitan. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari tertimbun lumpur, sampah, hingga diuruk warga

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News