Sungai Meluap Rendam Enam Desa di Cilacap

Sungai Meluap Rendam Enam Desa di Cilacap
Sungai Meluap Rendam Enam Desa di Cilacap

jpnn.com - JAKARTA – Ratusan rumah di Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciberem. Sungai itu meluap akibat hujan deras di pebukitan hulu Daerah Aliran Sungai Ciberem.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir akibat luapan Sunga Ciberem telah merendam enam desa. Yakni Desa Sidareja, Tegalsari, Sidamulya, Margasari, Tinggarjaya dan Gunungreja Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap.

Menurutnya, akibat luapan sunga itu maka 855 rumah terendam banjir. “Tinggi banjir mencapai satu meter,” kata Sutopo, Senin (16/12) malam.

Dia menambahkan, akibat banjir itu maka 55 jiwa atau 20 Kepala Keluarga mengungsi ke aula Koramil Sidareja. “Daerah ini hampir setiap musim penghujan terjadi banjir,” tegasnya.

Ia mengatakan, BPBD Kabupaten Cilacap sudah melakukan penanganan darurat bencana. Masyarakat dievakuasi ke tempat sementara yang cukup aman. Logistik seperti mie instan dan air mineral telah disalurkan kepada masyarakat.  “Pendataan masih dilakukan,” tegasnya. (boy/jpnn)


JAKARTA – Ratusan rumah di Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciberem. Sungai itu meluap akibat hujan deras di pebukitan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News