Supplier Komponen Terbesar iPhone di Taiwan Pindah ke Batam

Supplier Komponen Terbesar iPhone di Taiwan Pindah ke Batam
PT Pegatron. Foto: ilustrasi

jpnn.com, BATAM - Supplier komponen terbesar bagi iPhone, Pegatron asal Taiwan akan mengalihkan sebagian produksinya ke Batam. Wakil Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri Tjaw Hoieng membenarkan hal tersebut.

"Sebelumnya Pegatron sudah datang ke sejumlah kawasan industri untuk melakukan survey," katanya saat dihubungi Batam Pos (Jawa Pos Group), Jumat (12/6).

Dia mengatakan bahwa Pegatron memilih memindahkan sebagian produksinya karena imbas dari perang dagang antara Tiongkok dan Amerika.

Karena akibat perang dagang tersebut, Amerika mengenakan tarif tinggi kepada produk Pegatron berbasis produksi non-iPhone yang diekspor ke Negeri Paman Sam tersebut.

"Ini adalah kesempatan Batam melihat peluang. Contohnya Pegatron ini yang masuk ke Batam," ungkapnya.

Pegatron mengalami tekanan berat dari perang dagang. Perang dagang membuat produsen terhimpit karena meningkatnya upah dan berkurangnya tenaga kerja. Sementara biaya produksi semakin tinggi.

Pada awalnya, Pegatron menyukai Vietnam. Tapi lambat laut memilih Batam karena investasi bisa lebih cepat berkembang. "Penyebabnya adalah lokasi Batam yang strategis dekat dengan Singapura," paparnya.

Pria yang biasa disapa Ayung ini mengatakan bahwa Pegatron akan membangun pabriknya di Satnusa Persada. Dan kemungkinan besar akan membangun yang lainnya di salah satu kawasan industri di Batam."Tapi ini masih dalam tahap negosiasi dulu," katanya.

Supplier komponen terbesar bagi iphone, Pegatron asal Taiwan akan mengalihkan sebagian produksinya ke Batam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News