Surabaya Siapkan Satpol PP Cantik

Surabaya Siapkan Satpol PP Cantik
Surabaya Siapkan Satpol PP Cantik

jpnn.com - SURABAYA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Surabaya bakal mempunyai gawe besar. Yakni, menjadi tuan rumah HUT ke-34 satpol PP tingkat nasional pada 3 Maret.

Karena itu, saat ini mereka mulai sibuk bersiap. Mereka ingin menampilkan atraksi yang tidak memalukan di hadapan Mendagri Gamawan Fauzi dan para Kasatpol PP yang datang dari 34 provinsi di Indonesia.

Latihan perdana dilakukan kemarin (9/2) pukul 08.00.

Puluhan anggota satpol PP mengikuti apel yang dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris. Anggota satpol PP perempuan juga terlibat di dalamnya. Karena ingin hasil maksimal, mereka mengundang personel Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya sebagai pelatih.

Kasi Samapta Satpol PP Surabaya Dwi Hargianto mengatakan, pihaknya akan unjuk kebolehan dengan beberapa atraksi. Yakni, defile, perform karate, serta teatrikal negosiasi dengan warga.

Dalam aksi teatrikal tersebut, sebagaimana digambarkan Dwi, beberapa anggota satpol PP berusaha menertibkan warga, namun mengalami hambatan karena dihalang-halangi aksi premanisme. Untuk meredam keadaan dan mencapai kesepakatan, diturunkanlah satpol PP cantik (satpoltik).

Selama ini Satpol PP Surabaya terkenal memiliki anggota perempuan cantik dan tangkas dalam melakukan penertiban. Kasatpol PP Irvan Widyanto menyebut, latihan itu merupakan bagian dari membentuk kedisiplinan dan upaya untuk menyamakan persepsi antaranggota yang dipersiapkan tampil pada HUT satpol PP. Pihaknya juga ingin menunjukkan bahwa selain sebagai penegak perda, satpol PP bertugas sebagai pelayan masyarakat.

Melalui tampilan tersebut, dia ingin menepis anggapan bahwa satpol PP itu sering melakukan kekerasan saat menertibkan masyarakat. ''Saya tidak mau satpol PP selalu terkesan keras, brutal, dan arogan,'' ujar Irvan. (yoc/mas/nw)  


SURABAYA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Surabaya bakal mempunyai gawe besar. Yakni, menjadi tuan rumah HUT ke-34 satpol PP tingkat nasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News