Surat Suara Tambahan Belum Tercetak

KPU: Prioritaskan Pengiriman ke Kecamatan

Surat Suara Tambahan Belum Tercetak
Surat Suara Tambahan Belum Tercetak
JAKARTA - Permasalahan pencetakan surat suara masih membayangi pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009. Sebab, hingga kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menyelesaikan pencetakan surat suara untuk tambahan daftar pemilih tetap (DPT) hasil perbaikan dan surat suara rusak.

 

"Saat ini tinggal pencetakan (surat suara) tambahan dan perbaikan saja," kata anggota KPU Andi Nurpati yang ditemui wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (22/3).

 

Sesuai data perubahan DPT, sebanyak 23 provinsi mengalami penambahan jumlah pemilih. Jawa Timur (Jatim) menjadi yang paling signifikan dengan penambahan 220.163 pemilih. Itu berarti tambahan surat suara untuk Jatim lebih dari 1 juta lembar.

 

Menurut Andi, saat ini telah berlangsung proses sortir dan pelipatan surat suara di kabupaten/kota. Beberapa KPU kabupaten/kota telah menyesaikan proses sortir tersebut. Selanjutnya, kewajiban KPU kabupaten/kota untuk mendistribusikan di tingkat kecamatan. "Pengirimannya simultan," kata Andi lagi.

 

JAKARTA - Permasalahan pencetakan surat suara masih membayangi pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009. Sebab, hingga kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News