Surat Suara Tertukar di 30 TPS

Surat Suara Tertukar di 30 TPS
Surat Suara Tertukar di 30 TPS

jpnn.com - BEKASI - Pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bekasi temukan kertas surat suara yang tertukar di dalam satu daerah pemilihan. Hingga, Rabu (9/4) malam, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mengalami kertas suara tertukar mencapai 30 TPS.

Atas kejadian itu, pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat akui akan adanya pemilihan ulang di beberapa TPS yang mengalami kertas suara tertukar. Hanya saja, putusan itu masih menunggu keputusan KPUD.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto mengatakan, tidak menutup kemungkinan akan ada pemilihan ulang di beberapa TPS yang kertas suaranya tertukar. ”Karena si pemilih tidak bisa memilih pilihannya lantaran kertas suara bukan untuk dapilnya, ”paparnya.

Harminus mengaku untuk Kota Bekasi ada 30 TPS yang mengalami kertas suara tertukar. Sehingga, banyak pemilih yang resah atas kejadian itu. ”Seharusnya kertas suara itu ada di dapil lain, tetapi kertas suara itu malah di TPS yang bukan menjadi dapilnya,” jelasnya.

Wilayah yang paling banyak, kata Harminus ada di wilayah Bekasi Utara. Wilayah tersebut sangat banya ditemukan kertas suara yang tertukar. Sehingga, ada kemungkinan pemilihan ulang itu akan dilakukan. ”Rata-rata TPS yang tertukar kertas suara mencapai 500 pemilih,” ujarnya.

Untuk mekanisme pemilihan ulang itu, kata Harminus, harus ada rekomendasi dari pihak KPPS. Dari situ, kata dia, pihak KPUD akan memutuskan soal pemilihan ulang. ”Batas pelaksanaannya 10 hari ke depan sejak diputuskannya oleh KPUD,” katanya.

Hal serupa juga terjadi di wilayah Tangerang. tertukarnya surat suara untuk Caleg Provinsi Banten terjadi antara daerah pemilihan zona timur dengan zona barat di 12 tempat pemungutan suara (TPS). Antara lain, TPS 1, 5, 12 di Kelurahan Kunciran Jaya, TPS 34 Kelurahan Kunciran Indah, TPS 48 dan 53  Kelurahan Cipondoh.

Surat suara tertukar ini baru ketahuan setelah pemilih protes kepada KPPS karena jagoan mereka tidak ada dalam daftar nama Caleg untuk Provinsi Banten. Setelah di cek ternyata, surat suara Daerah peimilihan Zona Timur tertukar dengan  Zona Barat.

BEKASI - Pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bekasi temukan kertas surat suara yang tertukar di dalam satu daerah pemilihan. Hingga, Rabu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News