Surpres Calon Panglima TNI Dikirim ke DPR Siang Ini, Siapa yang Dipilih Jokowi?

Surpres Calon Panglima TNI Dikirim ke DPR Siang Ini, Siapa yang Dipilih Jokowi?
Presiden Jokowi melalui Mensesneg Pratikno dikabarkan akan mengirim surpres penunjukan calon Panglima TNI siang ini ke DPR. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pihak Istana Negara dikabarkan akan mengirimkan surat presiden (surpres) tentang pergantian Panglima TNI kepada DPR, Rabu (3/11) siang ini.  

“Siang ini akan diserahkan surpresnya,” kata Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar melalui layanan pesan, Rabu (3/11). 

Dia menjelaskan surpres itu akan diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikono, dan diterima langsung Ketua DPR Puan Maharani didampingi beberapa pimpinan DPR. 

"Siang ini diterima Ibu Ketua DPR," ujarnya. 

Hanya saja, sampai saat ini belum diketahui siapa sosok calon Panglima TNI yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang pensiun per 1 Desember 2021. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto mengatakan parlemen bakal memproses pergantian Panglima TNI ketika surpres sudah masuk.

Sebab, Utut mengatakan, calon Panglima TNI harus dilantik sebelum Marsekal Hadi resmi pensiun. 

TNI dalam aturan tidak mengenal istilah pejabat tertingginya diisi oleh pelaksana tugas atau plt.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menyebut pihak Istana Negara akan menyerahkan surat presiden (Surpres) tentang penunjukan Panglima TNI ke DPR RI pada Rabu (3/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News