Diprediksi, Pekan Ini Istana Kirim Surpres Calon Panglima TNI ke DPR

Diprediksi, Pekan Ini Istana Kirim Surpres Calon Panglima TNI ke DPR
Presiden Jokowi belum kirim surpres untuk penunjukkan calon Panglima TNI . Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin memprediksi pihak Istana Negara akan mengirim Surat Presiden (Surpres) tentang penunjukan Panglima TNI ke parlemen dalam satu atau dua hari ke depan.

"Mungkin satu atau dua hari ini ada keputusan," kata Gus Muhaimin ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/11).

Pria yang juga menjabat Ketua Umum PKB itu mengatakan surpres tentang penunjukan Panglima TNI sebaiknya disampaikan sebelum Marsekal Hadi pensiun.

Adapun, Marsekal Hadi yang kini menjabat orang nomor satu di militer Indonesia bakal pensiun per 1 Desember 2021.

Menurut Gus Muhaimin, DPR segera memproses Surpres tentang penunjukan Panglima TNI jika Istana Negara sudah mengirim surat tersebut.

"Kemudian kami sampaikan ke Badan Musyawarah (Bamus) dan berakhir di Komisi I untuk kemudian dibawa ke Rapat Paripurna," ujar eks Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) itu.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto menyebut parlemen belum menerima Surat Perintah (Surpres) Presiden tentang pergantian Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun per 1 Desember 2021.

"Surpres-nya belum diterima," kata Utut ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin ini.

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin memprediksi pihak Istana Negara akan mengirim Surat Presiden (Surpres) tentang penunjukan calon Panglima TNI ke parlemen dalam satu atau dua hari ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News