Survei Charta: Begini Kepuasan Publik terhadap Pemerintahan Jokowi

Survei Charta: Begini Kepuasan Publik terhadap Pemerintahan Jokowi
Survei Charta Politika Indonesia terbaru mengungkap tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei Charta Politika Indonesia berjudul Membaca Situasi Politik dan Elektoral Pascarakernas Projo mengungkap tingkat kepuasan publik kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bisa dikatakan cukup baik," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya saat membeberkan temuan teranyar pihaknya pada Senin (13/4).

Survei Charta menemukan tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Maruf sebesar 68,4 persen.

Sementara itu, angka yang tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi sebesar 30 persen. Sisanya 1,6 persen tidak menjawab.

Menurut Yunarto, ada tiga wilayah menjadi penyumbang terbesar yang membuat angka kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Maruf sebesar 68,4 persen.

"Pertama itu Jawa Tengah dan DIY, selanjutnya di Bali, NTB, dan NTT. Berikutnya Jawa Timur. Ini adalah lumbung atau basis suara Pak Jokowi," ujar Yunarto.

Sementara itu, wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi menjadi lokasi penyumbang angka ketidakpuasan terhadap Jokowi menjadi 30 persen.

"Daerah seperti Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi tingkat kepuasannya relatif lebih rendah dibandingkan darah yang saya sebutkan tadi," kata Yunarto.

Survei Charta Politika Indonesia terbaru mengungkap tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi - Maruf. Sebegini angkanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News