Survei Cyrus Network: 13 Persen Responden Pengin Indonesia Berlandaskan Syariat Islam

Survei Cyrus Network: 13 Persen Responden Pengin Indonesia Berlandaskan Syariat Islam
CEO Cyrus Network Hasan Nasbi. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Cyrus Network menggelar survei terkait sikap dan penerimaan masyarakat terhadap ideologi Pancasila. Berdasarkan hasil survei, penerimaan masyarakat terhadap Pancasila tidak 100 persen, melainkan 70,3 persen.

"Hal yang perlu jadi perhatian serius, hanya sekitar 70,3 persen responden yang secara tegas menerima Pancasila sebagai ideologi dan perekat bangsa," kata Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto kepada wartawan, Sabtu (10/8).

Masih dalam survei yang sama, kata Eko, ditemukan 4,7 persen responden yang terang-terangan mendukung terbentuknya khilafah.

Kemudian 13 persen responden menyatakan Indonesia harus berlandaskan syariat Islam karena merasa Islam adalah agama mayoritas.

"Ini tentu jadi pekerjaan rumah bersama, masih ada sikap menolak ideologi negara yang sudah firm, dan jumlahnya cukup besar" kata dia.

BACA JUGA: Jika Jokowi Kalah, CEO Cyrus Bakal Pensiun

Sementara itu, CEO Cyrus Network Hasan Nasbi Batupahat menekankan, seluruh elemen negara wajib menyikapi serius temuan survei terkait penerimaan masyarakat kepada Pancasila.

Sebab, hasil survei Cyrus Network menyatakan, banyak reponden yang belum final menerima Pancasila.

Berdasarkan hasil survei Cyrus Network, penerimaan masyarakat terhadap Pancasila tidak sampai 100 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News