Survei IPN: Elektabilitas Prabowo 42,3 Persen, Ungguli Ganjar dan Anies

Survei IPN: Elektabilitas Prabowo 42,3 Persen, Ungguli Ganjar dan Anies
Prabowo Subianto di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan temuan teranyar Indikator Publik Nasional (IPN).

Elektabilitas Prabowo dalam simulasi tiga nama di survei berjudul Kecenderungan Pilihan Publik Terhadap Capres-Cawapres dan Perilaku Pemilih Jelang Pemilu 2024, mencapai 42,3 persen.

"Dalam simulasi tiga besar, Prabowo masih tidak bergeming dari posisi pertama dengan perolehan dukungan 42,3 persen," kata peneliti senior IPN Ike Sihotang dalam keterangan persnya, Senin (10/7).

Elektabilitas Prabowo dalam survei IPN mengungguli angka keterpilihanan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dengan masing-masing memperoleh 37,4 persen serta 17 persen.

"Angka responden yang tidak tahu atau tidak menjawab 3,3 persen," ujar Ike.

IPN kemudian turut menghitung angka elektabilitas tiga tokoh apabila menggunakan simulasi berhadapan atau head to head.

Prabowo tampak memiliki elektabilitas yang tinggi dalam berbagai simulasi berhadapan dengan Ganjar atau Anies.

Menhan RI itu memiliki elektabilitas 52,1 persen jika berhadapan dengan Ganjar yang mengantongi angka keterpilihan 38,5 persen dengan 9,4 persen yang belum menentukan pilihan.

Elektabilitas Prabowo Subianto menjelang Pilpres 2024 mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam survei IPN. Begini perincian angkanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News