Survei Lanskap: Prabowo-Gibran Juara di Pulau Jawa

Survei Lanskap: Prabowo-Gibran Juara di Pulau Jawa
Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres ke KPU, Rabu (25/10). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP) baru saja merilis hasil survei yang dilakukannya untuk membaca peta dukungan politik di empat provinsi Pulau Jawa.

LANSKAP menemukan fakta bahwa suara publik di provinsi-provinsi tersebut mayoritas mengarah ke pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Elektabilitas tertinggi di empat provinsi diraih oleh pasangan Prabowo-Gibran dengan perolehan 40,0 persen," kata direktur eksekutif LANSKAP, Mochammad Thoha dalam rilis surveinya hari ini, Rabu (8/11).

Posisi kedua diisi oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, lalu disusul oleh Anies Rayid Baswedan dengan Abdul Muhaimin Iskandar.

"Ganjar-Mahfud berada di posisi kedua dengan 34,3 persen, dan pasangan Anies-Muhaimin 20,0 persen," ujarnya.

Ada beberapa teori yang dipandang oleh LANSKAP mengapa Prabowo-Gibran menduduki ranking tertinggi dalam tangga elektabilitas tersebut.

Salah satu yang kentara adalah pasangan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut dinilai masih menjadi representatif dari Joko Widodo sebagai Presiden.

"Paslon ini dipandang representatif konsolidasi Prabowo dan Jokowi. Arus pemilih Jokowi yang loyal dan lintas partai akan semakin deras mengalir mendukung paslon ini," ujarnya.

LANSKAP menemukan fakta bahwa suara publik di provinsi-provinsi tersebut mayoritas mengarah ke pasangan Prabowo-Gibran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News