Survei PusdeHAM: Eri-Armuji Unggul 6,5 Persen dari Machfud-Mujiaman

Survei PusdeHAM: Eri-Armuji Unggul 6,5 Persen dari Machfud-Mujiaman
Eri Cahyadi dan Armuji bersama milenial Surabaya. Foto: source for JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Pasangan calon nomor urut 1 pada Pilkada Surabaya 2020, Eri Cahyadi-Armuji unggul 6,5 persen dari rivalnya Machfud Arifin dan Mujiaman.

Angka tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan Pusat Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (PusdeHAM) Surabaya.

Pihak PusdeHAM Surabaya menyebutkan rinciannya, Eri meraup 48,6 persen, sedangkan Machfud 42,1 persen. Adapun yang belum menentukan 9,3 persen.

Peneliti PusdeHAM, Andik menjelaskan, mereka melakukan survei pada awal Oktober 2020 dengan jumlah responden 1.000 orang dan margin of error plus-minus 3 persen.

Responden diambil di seluruh kecamatan di Kota Surabaya dengan metode sampling acak bertingkat.

“Sebenarnya Eri-Armuji ini kan bisa dibilang relatif baru, kalah start dibanding Pak Machfud yang sudah gebyar sejak awal tahun. Namun, dari hasil survei terlihat, kesolidan dan beberapa faktor lain tampak menonjol sehingga Eri-Armuji bergerak menyalip Machfud-Mujiaman setelah diumumkan,” ujar Andik kepada media, Minggu (25/10).

Andik mengatakan, ada beberapa faktor utama kenapa paslon Eri-Armuji unggul dibanding lawannya Machfud Arifin-Mujiaman.

“Ada tiga faktor utama yang mendulang keunggulan paslon Eri-Armuji. Yakni karena faktor Bu Risma, lalu sosok Eri Cahyadi dan Armuji sendiri, dan mesin PDI Perjuangan yang solid,” ujar Andik.

Peneliti PusdeHAM Surabaya membeberkan sejumlah faktor yang membuat Eri-Armuji unggul dalam survei Pilkada Surabaya 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News