Survei Roy Morgan: Elektabilitas Prabowo Mentok 43%, Ganjar 30%, Anies 24%

Survei Roy Morgan: Elektabilitas Prabowo Mentok 43%, Ganjar 30%, Anies 24%
Ilustrasi ketiga Calon Presiden di Pilpres 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei asing, Roy Morgan merilis hasil jajak pendapat terbaru untuk mengukur tingkat elektabilitas para calon presiden menjelang Pemilu 2024 di Indonesia.

Dari survei yang dirilis pada Kamis, 1 Februari 2024, Prabowo Subianto sebagai capres nomor urut dua berada di posisi pertama dengan elektabilitas mencapai 43 persen.

Kemudian, pada posisi kedua ada Ganjar Pranowo, capres nomor urut tiga dengan elektabilitas 30 persen dan disusul Anies Baswedan di posisi terakhir dengan dukungan 24 persen.

Berdasar data dari survei Roy Morgan, maka Pilpres 2024 bakal digelar dua putaran. Untuk Prabowo diyakini bakal menang pada putaran pertama Pilpres 2024.

Sebab, untuk bisa menang satu putaran, Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka harus mendapat suara 50 persen ditambah satu suara.

Adapun survei dari Roy Morgan ini digelar pada Desember 2023 terhadap 1.255 responden di seluruh Indonesia dengan usia di atas 17 tahun atau sudah memiliki hak pilih. Survei itu dilakukan pada Desember 2023.

Berdasar survei terbaru itu, diketahui Prabowo mengalami kenaikan suara sebesar 13 persen dari survei sebelumnya yang digelar pada September 2023.

Sementara Ganjar menurun sebesar delapan persen dan Anies Baswedan turun sebesar satu persen.

Lembaga survei Roy Morgan merilis hasil jajak pendapat terbaru yang menunjukkan elektabilitas para capres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News