Survei SMRC Catat Elektabilitas Ganjar Pranowo Mencapai 35,9 Persen

Survei SMRC Catat Elektabilitas Ganjar Pranowo Mencapai 35,9 Persen
SMRC merilis survei terbaru terkait pilihan pemilih kritis terhadap tiga tokoh yang berpotensi menjadi capres pada Pilpres 2024. Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting merilis survei terbaru terkait pilihan pemilih kritis terhadap tiga tokoh yang berpotensi menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Deni menjelaskan “pemilih kritis” adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik karena mereka memiliki telepon atau cellphone sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh pemilih kritis.

Kemudian diikuti oleh Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

“Pada pemilih kritis, tingkat elektabilitas Anies Baswedan mencapai 20,1 persen, sementara Prabowo Subianto 32,8 persen, dan Ganjar Pranowo 35,9 persen,” ujar Deni dalam rilis survei yang dilakukan secara virtual, Minggu (28/5).

Deni menyampaikan masih ada 11,3 persen yang belum menentukan pilihan dalam survei tersebut.

Menurut Deni, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa pada kelompok pemilih kritis, dalam lima bulan terakhir, suara Anies merosot dari 29,7 persen di survei Desember 2022 menjadi 20,1 persen pada survei terakhir 23-24 Mei 2023.

Adapun elektabilitas Ganjar naik dari 31,1 persen menjadi 35,9 persen pada periode yang sama. Demikian pula dengan dukungan para Prabowo, naik dari 29,7 persen menjadi 32,8 persen.

SMRC merilis survei terbaru terkait pilihan pemilih kritis terhadap tiga tokoh yang berpotensi menjadi capres pada Pilpres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News