Survei SMRC: Elektabilitas PKB Menyalip Gerindra, Kiai Maman Berkata Begini

Survei SMRC: Elektabilitas PKB Menyalip Gerindra, Kiai Maman Berkata Begini
KH Maman Imanulhaq. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei terbaru SMRC (Saiful Mujani Research and Consulting) yang dirilis pada Kamis (7/10), menempatkan PKB sebagai salah satu parpol dengan elektabilitas di posisi tiga besar.

PKB berada di bawah PDIP dan Golkar. Posisinya di atas Gerindra dengan perbedaan elektabilitas yang tipis.

Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Maman Imanulhaq mengatakan hasil survei SMRC itu menunjukkan parpolnya digandrungi masyarakat.

Menurut Kiai Maman, rakyat memercayai PKB lantaran parpol pimpinan Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Ami) itu serius dalam memperjuangkan nilai keislaman dan memiliki komitmen kebangsaan yang kuat.

"Jiwa nasionalisme PKB terlihat dari sangat mempertahankan ideologi Pancasila dan kebinekaan, serta apresiasi terhadap kearifan lokal yang memiliki nilai budaya luhur dan beradab," kata Kiai Maman dalam keterangan yang diterima JPNN.com, Jumat (8/10).

Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi itu juga mengatakan PKB mengemas program kerja untuk turun langsung di tengah-tengah masyarakat dengan kemasan yang kekinian.

Langkah itu menurutnya dilakukan PKB dengan didukung sejumlah organisasi sayap partai seperti Garda Bangsa dan Perempuan Bangsa.

Walakin, anggota Komisi VIII DPR itu menyebut meskipun masuk posisi tiga besar, PKB tidak akan berpuas diri.

Kiai Maman Imanulhaq tanggapi masuknya PKB di posisi tiga besar parpol dengan elektabilitas menyalip Gerindra, mengacu survei SMRC.