Survei Terbaru Capres 2024 Versi Y Publica, Cermati 3 Nama Teratas

Survei Terbaru Capres 2024 Versi Y Publica, Cermati 3 Nama Teratas
Hasil survei Y-Publica terkait dengan elektabilitas calon presiden dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, Selasa (14/2/2023). ANTARA/HO-Y Publica

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru Capres 2024 versi Y-Publica memperlihatkan elektabilitas Ganjar Pranowo melejit ke angka 25,5 persen.

Angka itu naik tajam dibandingkan elektabilitas gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu pada Maret 2022 yang masih sebesar 20,4 persen.

Melihat hasil survei itu, Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono memprediksi bakal terjadi persaingan ketat antara Ganjar dengan Anies Baswedan.

Menurut Rudi, elektabilitas Anies melonjak dua kali lipat dalam kurun waktu yang sama dengan Ganjar, yakni dari 10,6 persen pada bulan Maret 2022 atau menjadi 20,0 persen.

"Berdasarkan tren kenaikan elektabilitas dalam setahun terakhir, Ganjar dan Anies berpeluang untuk saling berhadapan," kata Rudi Hartono dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, Selasa (14/2).

Sementara itu, elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK), dan Menteri Parekraf Sandiaga Uno cuma naik tipis.

Elektabilitas Prabowo menurut survei terbaru Y-Publica hanya naik tipis dari 18,2 persen menjadi 21,3 persen.

Jika melihat tren terbaru, Rudi memprediksi Ganjar dan Anies memiliki potensi head to head, meninggalkan Prabowo yang kenaikan elektabilitasnya tidak cukup kuat.

Survei terbaru Capres 2024 yang dirilis Y-Publica makin menarik. Cermati tiga nama teratas. Ganjar, Prabowo, dan Anies bersaing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News