Survei Terkini: Publik Semakin Puas pada Kinerja Jokowi

Elektabilitas PDIP dan Golkar Meningkat

Survei Terkini: Publik Semakin Puas pada Kinerja Jokowi
Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Center for Strategic and International Studies (CSIS) kembali merilis hasil survei tentang opini publik terhadap dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dinamika elektoral partai. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 8-15 Agustus itu, ada kenaikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

Peneliti Departemen Politik dan Hubungan Internasional CSIS, Arya Fernandes mengatakan, tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi di bidang hukum, politik, ekonomi dan maritim saat ini mencapai 66,6 persen. Angka itu meningkat dibandingkan Oktober 2015 yang hanya 50,6 persen.

“Ada empat indikator utama. Yaitu ekonomi, hukum, politik, dan maritim," ujar Arya dalam paparan hasil survei CSIS di Jakarta, Selasa (13/9).

Ia memerinci, tingkat kepuasan publik di bidang ekonomi meningkat dari 30 persen pada Oktober 2015, menjadi 46,8 persen. Sedangkan kepuasan publik di bidang politik naik dari 40 persen menjadi 53 persen.

Selanjutnya, untuk tingkat kepuasan publik di bidang hukum pada pemerintahan Jokowi naik dari 51,1 persen menjadi 62,1 persen. Terakhir untuk bidang maritim, tingkat kepuasan publik naik dari 59,4 persen menjadi 63,9 persen.

Pergantian pemegang jabatan menteri koordinator bidang maritim ternyata tak merubah keyakinan publik pada komitmen pemerintahan Jokowi di bidang maritim. “Meskipun menko-nya selalu berganti, tapi keyakinan dan kepuasan responden tidak bergeser," tegasnya.

Arya menjelaskan, survei dengan 1.000 responden itu dilakukan dengan metode multi-stage random sampling di 34 provinsi. Margin of error survei itu adalah 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari survei itu juga terungkap tingkat elektabilitas partai politik terkini. Hasilnya, PDI Perjuangan masih menjadi jawara dan mengalami tren kenaikan elektabilitas dari 32 persen pada Oktober 2015 menjadi 34,6 persen pada Agustus 2016.

JAKARTA - Center for Strategic and International Studies (CSIS) kembali merilis hasil survei tentang opini publik terhadap dua tahun pemerintahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News