Survei Utting Research: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies

Survei Utting Research: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies
Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo. Foto : Ricardo/JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Utting Research yang berbasis di Australia merilis hasil jajak pendapat terbaru terkait elektabilitas para tokoh menjelang Pilpres 2024.

Dalam survei yang dilakukan pada 12-17 Juni, nama Ganjar Pranowo, berada di peringat pertama dan mengalahkan Prabowo Subianto beserta Anies Baswedan.

Managing Director Utting Research, John Utting mengatakan ketiga bakal calon presiden (bacapres) tersebut memiliki perolehan suara yang tak berjauhan.

Dalam survei tersebut, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 34 persen. Lalu Prabowo Subianto mendapat dukungan sebesar 33 persen.

Sementara Anies Baswedan hanya 27 persen. Kemudian sebanyak tiga persen responden menjawab rahasia dan atau belum memutuskan, sementara tiga persen lainnya tidak menjawab.

Dengan selisih yang tipis di antara ketiga calon tersebut, membuat kompetisi masih rentan terjadi perubahan pilihan pemilih menjelang pilpres nanti.

"Pilpres 2024 Indonesia sangat menarik. Hingga delapan bulan menjelang hari-H, pemenangnya masih sangat tidak jelas. Tiga kontestan terkuat masih sangat berimbang elektabilitasnya," ujar Joh dalam siaran persnya, Jumat (28/7).

Kemudian terkait pertanyaan tentang bagaimana visi misi capres yang diinginkan publik, sebagian besar responden menjawab ingin keberlanjutan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan adanya sejumlah perbaikan.

Hasil survei lembaga Utting Research menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News