Survei Y-Publica: Prabowo Menang Mutlak dari Ganjar di Pilpres 2024

Survei Y-Publica: Prabowo Menang Mutlak dari Ganjar di Pilpres 2024
Ilustrasi - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Prabowo Subianto diprediksi menang mutlak dari Ganjar Pranowo jika berhadapan langsung pada Pilpres 2024 mendatang.

Hasil survei terbaru Y-Publica menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai 51,8 persen, sedangkan Ganjar hanya 32,7 persen.

"Artinya, Prabowo lebih berhasil menarik basis pendukung capres yang lain ketimbang Ganjar. Prabowo mendapatkan tambahan elektabilitas hingga 21 persen, sementara Ganjar hanya 10 persen. Dua per tiga suara lari ke Prabowo, sepertiganya ke Ganjar, dan sisanya tidak menjawab," kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam press release di Jakarta, pada Selasa (22/8).

Menurut Rudi, keunggulan Prabowo dari Ganjar memberikan peluang bagi ketua umum Gerindra itu untuk memenangkan Pilpres pada skenario dua putaran dengan tiga pasang capres-cawapres maupun, satu putaran dengan hanya dua pasangan.

Sejauh ini tiga nama mencuat sebagai capres, jika terbentuk tiga pasangan, di mana Prabowo diproyeksikan unggul terhadap Ganjar maupun Anies.

“Elektabilitas Anies paling kecil dalam skenario banyak nama, menyisakan Prabowo dan Ganjar jika terjadi dua putaran,” tandas Rudi.

Tren elektabilitas sejak awal tahun menunjukkan kenaikan elektabilitas Prabowo yang disertai dengan melorotnya Anies, sedangkan Ganjar cenderung stagnan atau turun tipis.

“Naiknya suara Prabowo menyerap basis pemilih Anies, karena kemiripan karakteristik pendukungnya,” jelas Rudi.

Sejauh ini tiga nama mencuat sebagai capres, jika terbentuk tiga pasangan, di mana Prabowo diproyeksikan unggul terhadap Ganjar maupun Anies

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News