Surya Paloh: Masih Banyak Pekerjaan Rumah Belum Selesai

Surya Paloh: Masih Banyak Pekerjaan Rumah Belum Selesai
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menghadiri upacara Kemerdekaan Ke-73 RI di Akademi Bela Negara (ABN). Foto: ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengharapkan, semangat persatuan dan solidaritas di antara sesama anak bangsa Indonesia harus dijaga. Dia menilai, dua hal tersebut merupakan modal yang tak boleh dinodai oleh siapa pun.

"Spirit dan semangat konsistensi nilai-nilai pluralisme, kemajemukan, semangat persatuan dan kesatuan serta solidaritas di antara kita merupakan modal yang tak boleh dinodai oleh siapa pun," kata Surya dalam acara peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Sekolah Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Jakarta Selatan, Jumat (17/8).

Peringatan kemerdekaan RI ini, kata dia, memberikan makna bahwa sebagai satu bangsa Indonesia mampu mempertahankan kedaulatan sebagai suatu bangsa yang merdeka.

Menurut Surya, masih banyak pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan oleh masyarakat Indonesia.

Seperti rasa keadilan sosial dan kemakmuran kehidupan masyarakat termasuk untuk duduk sama rendah dengan negara-negara lain.

"Itu merupakan pekerjaan rumah yang belum kami selesaikan," jelasnya.

Namun demikian, lanjut dia, sudah ada kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dari waktu ke waktu. Kemajuan itu bisa diperkuat dan dipercepat, bilamana masyarakat memiliki kesadaran bahwa Indonesia milik bersama.

"Artinya, semangat konsistensi nilai-nilai pluralisme dan kemajemukan tidak boleh dinodai," ujar Surya.

Peringatan kemerdekaan RI memberikan makna sebagai satu bangsa Indonesia mampu mempertahankan kedaulatan sebagai suatu bangsa yang merdeka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News