Jumat, 15 Desember 2017 – 11:37 WIB

Surya University Gandeng Kabupaten Landak untuk Kembangkan Potensi Ekonomi

Senin, 22 Juni 2015 – 00:52 WIB
Surya University Gandeng Kabupaten Landak untuk Kembangkan Potensi Ekonomi - JPNN.COM

Foto: Istimewa

NGABANG, Landak: Surya University kini menjajaki peluang kerjasama dengan Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, untuk mengembangkan berbagai potensi ekonomi di daerah ini serta melakukan capacity building untuk memberdayakan masyarakat.

Universitas berbasis riset yang ditopang lebih dari 20 pusat penelitian ini berencana untuk menerjunkan pakar-pakarnya guna membangun kabupaten ini dalam berbagai bidang, termasuk bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, infrastruktur, energi terbarukan, pendidikan, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Rencana kerjasama pengembangan sektor-sektor strategis dengan Kabupaten Landak merupakan langkah lanjutan dari kerangka besar kerjasama universitas ini dengan berbagai pihak yang sudah digulirkan dalam dua tahun terakhir ini.

Universitas ini telah menjalin kerjasama  dengan Tentara Nasional Indonesia untuk mengembangkan teknologi pertahanan termasuk pesawat-pesawat tanpa awak (drone)  buatan dalam negeri; dan pula menjalin kerjasama dengan berbagai korporasi swasta serta instansi pemerintahan.

Universitas yang dipimpin pakar fisika bereputasi internasional Prof. Yohanes Surya, Ph.D. ini secara khusus sedang mempelajari kemungkinan mengembangkan energi terbarukan sesuai potensi ekonomi dan kondisi geografis kabupaten Landak yang berada di garis khatulistiwa.

Sejumlah pakar teknologi di perguruan tinggi ini telah berhasil mengembangkan energi alternatif dari berbagai komponen non-fosil termasuk modul baru panel penyerap sinar untuk energi surya (solar energy)  yang, menurut rencana, akan dikembangkan di Kabupaten Landak.

Rencana ini terungkap dalam kunjungan delegasi Surya University ke Kabupaten Landak pada 14-16 Juni 2015. Delegasi dimaksud dimpimpin oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Kerjasama, Faizah Sari, Ph.D., yang mengadakan pertemuan dengan Bupati Landak Dr. Adrianus Asia Sidot bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Erani, dan Ketua Komisi III DPRD Landak, Cahya Tanus.

Sumber energi terbarukan juga dapat dikembangkan dari sektor pertanian dan peternakan yang akan disosialisasikan oleh Surya University kepada masyarakat Kabupaten Landak agar mereka dapat menghasilkannya sendiri di tengah menipisnya sumber-sumber energi di sektor pertambangan.

SHARES
TAGS   pakar
loading...
loading...
Komentar