Suryo Minta Bulog Serap Hasil Panen Raya Padi di Jawa Tengah

Suryo Minta Bulog Serap Hasil Panen Raya Padi di Jawa Tengah
Ilustrasi - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) saat panen raya. Foto: Humas Kementan RI.

jpnn.com, SEMARANG - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Suryo Banendro meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) melakukan penyerapan padi secara maksimal.

Menurut Suryo, penyerapan padi perlu dilakukan mengingat hasil panen di wilayahnya sudah memasuki masa proses penggilingan.

Terlebih, kata dia, produktivitas di Jateng sangat bagus sehingga hampir di semua Desa memiliki sentra beras yang melimpah.

“Kehadiran negara melalui Bulog sangat penting. Sebab teman-teman dari penggilingan bergerak terus walaupun mereka ada keterbatasan karena beras ada di mana-mana,” ujar Suryo, Sabtu (6/3/2021).

Pada kesempatan itu, Suryo bersyukur karena pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat dengan memberi bantuan alat permanen dan mesin pengering dryer berkapasitas 10 ton. Dengan bantuan tersebut, Suryo berharap semua penyuluh terus melakukan pendampingan.

"Memang upaya ini belum semuanya terjangkau, tapi paling tida upaya ini mampu mengantisipasi harga turun disaat musim hujan karena kadar air yangbsangat tinggi," katanya.

Suryo mengatakan, Provinsi Jawa Tengah merupakan sebtra produksi padi yang memiliki kontribusi besar terhadap cadangan pangan nasional. Wilayah ini merupakan salah satu Provinsi yang dikelilingi dengan areal tanaman pangan.

"Makanya kita tidak ingin kalau ke depannya terjadi serangan hama atau gagal panen. Artinya semua upaya pencegahan harus kita lakukan. Apalagi Jawa Tengah merupakan daerah sentra yang mesti kita amankan," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Suryo Banendro meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) melakukan penyerapan padi secara maksimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News